Senin, 07 Januari 2013

JALAK BALI : Nasibmu Tak Seindah Warnamu

KEBERADAAN JALAK BALI
 JUMLAH DI HABITAT :      214 ekor (1998)
                                                   60 ekor (2012)
JML DI PENANGKARAN :   134 ekor
HARGA .5 thn Lalu                 50.000.000 perpasang
HARGA SEKARANG             20.000.000 perpasang
HABITAT         : TNBB seluas 19.002,89 ha
Pulau bali memiliki salah satu jenis burung yang indah nan elok yaitu JALAK BALI (Leucopsar Rothschildi) sayangnya burung yang juga terkenal dengan nama CURIK BALI ini sudah nyaris tak terdengar kicauanya lagi karena terus di buru dan di perjual belikan.
Sekitar lima tahun lalu harga buruk jalak bali  disebut sebut mencapai Rp 50.000.000 perpasang, namun belakangan harga burung pengicau berukuran sedang dengan panjang kurang lebih 25 centimeter itu sudah mulai menurun berkisar Rp 17.000.000 hingga Rp 20.000.000 perpasang karena harga mahal inilah  burung jalak bali terus di burung orang.
Jalak Bali memang burung yang cantik,karena kecantikannya itulah burung tersebut menjadi Maskot Pulau Bali dan pernah di nobatkan sebagai lambang Fauna Propinsi Bali.
Kepala Resort KSDA Buleleng Bapak Gede Wenten mengatakan populasi jalak bali sebagai besar berada di TNBB (Taman Nasional Bali Barat) namun sekarang keberadaan burung itu sudah sangat langkah bahkan nyaris tidak ada,jalak bali kini hanya di temui di wilaya penangkaran Tegal Bunder TNBB juga karena masyarakat di sekitar TNBB yang  melakukan penangkaran secara swadaya
Populasi jalak bali di penangkaran tegal bunder jumlahnya sekitar 35 pasang ,sedang yang ditangkar secara swadaya oleh masyarakat 30 pasang

Ada sekitar 12 warga yang melakukan penangkaran  dekat TNBB akan terus dilakukan pengawasan agar burung tersebut tidak diperjual belikan di luar aturan.
selain itu juga akan terus dilakukan pengawasan agar burung jalak bali itu tidak ditelantarkan,jika ditemukan ada yang melakukan pelanggaran maka akan di berikan sanksi tegas.
Menurut Pak wenten warga yang melaukan penangkaran memang boleh menjual burung jalak bali kepada orang lain Namun burung yang di jual itu adalah Burung jalak bali Turunan Kedua atau cucu dari induknya sedangkan Induknya tidak boleh di jual.
Karena saking mahalnya burung jalak bali terus di buru oleh kolektor untuk di perjual belikan maupun koleksi pribadi.


  SUMBER  : Bali Post edisi Sabtu Paing 29-12-2012 #

1 komentar:

  1. Gue bangat artikel yang ini "jalak Bali" ijin bli. CoPas yah.! he he he he

    BalasHapus

SILAKAN TINGGAL KOMENT SOBAT YANG TIDAK BERBAU SARA,dan PORNOGRAFI


zwani.com myspace graphic comments
animated gif
MAU TUKAR LINK..? == CoPas CODE HTML INI KE BLOG SOBAT ==


gif animator

LINK SOBAT OTOMATIS AKAN NEMPEL DISINI SELAMANYA