Senin, 10 September 2012

KHASIAT DAUN SALAM

     Berbicara mengenai daun salam dewasa ini saya rasa hampir semua orang di dunia sudah mengetahuinya terutama ibu rumah tangga tapi tahukah anda "KHASIAT BESAR DAUN SALAM" selain  sebagai rempah rempah untuk penyedap makanan.?
Daun salam ( Eugenia polyantha)  dalam bahasa Lokal Indonesia : Daun Salam ( NTT,Bali,sunda,ambon,Jawa,Madura),Gowok(sunda).Manting(Jawa),maselangan,Ubar,serai(melayu). Indonesian Bayleaf,.Indonesia Laurel,Indian Bayleaf (Bahasa Inggris),salamblatt,indonesische lorbeerblatt (Bahasa Jerman) # Sumber : Ibujempol.com.# .
Daun salam mempunyai banyak kegunaan sebagai obat alami dan herbal seperti Hipertensi,diabetis militius,kencing manis,diare,gatal,gatal,asam urat,obat maag,kolestrol.
         
CARA MEMASAK DAUN SALAM UNTUK MENJADI OBAT :
  1.  HIPERTENSI.  Dianjurkan daun salam yang masih mentah ,7-10 lembar daun salam di cuci sampai bersih rebus sampai mendidih 4 gelas air. setelah itu disaring dan diminum boleh angat angat boleh juga yang dingin sehari 2x satu gelas pagi sore.boleh minum sesudah makan ,boleh juga sebelum makan.
  2. DIABETIS MILITIUS. Dianjurkan daun salam yg masih mentah.7-15 lembar daun salam dicuci sapai bersih direbus diminum sebelum makan,2x sehari. 
  3. KOLESTROL. Rebuslah daun salam 7 -15 daun salam rebus dan minum lakukanlah setiap hari sesuka anda minum.
  4. MAAG. rebus daun salam 15-20 lembar dianjurkan yang masih mentah bila terlalu sepah tambahkan gula secukupnya lakukan setiap hari sesukamu sampai rasa perih di lambung hilang
  5. DIARE. Rebuslah 15 lembar daun salam dianjurkan yg masih mudah di tambah garam secukupnya, lalu dimimun 3x sehari.
  6. GATAL GATAL. 10 lembar daun salam dan kunyit secukupnya tumbuk sampai halus di tambah garam secukupnya kemudian oleskan pada bagian yg gatal
  7. ASAM URAT. 10-15 lembar daun salam dianjurkan yg masih mudah .direbus kemudian diminum selagi hangat.
NB.....SEMUA DAUN SALAM BAIK MENTAH MAUPUN KERING SEBELUM DIREBUS HARUS
           DICUCI SAMPAI BERSIH,BILA SEPAH SILAKAN DI TAMHAB GULA ATAU MADU SE
           CUKUPNYA.
Efek samping  dari daun salam.
     Seperti yang kita ketahui di atas  manfaat daun salam begitu banyak namun apakah ada efek samping bila di minum secara terus menerus.?   Hingga saat ini belum ada penelitian yang akurat . berikut ini ada sedikit efek samping daun salam yang saya kutip dari : www.healthline.com

                                    Secara keseluruhan, daun salam memiliki efek samping sangat sedikit, dan kemungkinan aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang digunakan dalam makanan. Namun, pada beberapa kasus dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti : masalah pencernaan karena daun salam sulit untuk dicerna, dapat berdampak juga pada pernapasan untuk penderita asma.

Efek samping lain yang pernah dilaporkan meliputi eksim di tangan dan wajah.

Beberapa praktisi medis menyatakan tidak menganjurkan konsumsi daun salam untuk ibu hamil dan menyusui dalam jumlah banyak. Namun karena kurangnya bukti ilmiah mengenai hal tersebut masih menjadi perdebatan"
Nah gampangkan sobat silakan mencoba semoga bermannfaat.!

3 komentar:

  1. pak tolong kasih solusi tentang hama wereng dan belalang karena di tempatku banyak sekali. terima kasih

    BalasHapus

SILAKAN TINGGAL KOMENT SOBAT YANG TIDAK BERBAU SARA,dan PORNOGRAFI


zwani.com myspace graphic comments
animated gif
MAU TUKAR LINK..? == CoPas CODE HTML INI KE BLOG SOBAT ==


gif animator

LINK SOBAT OTOMATIS AKAN NEMPEL DISINI SELAMANYA